Selasa, 07 November 2017

Wage: Sebuah Film Kisah tentang Perjuangan di Balik Lagu Indonesia Raya

Indonesia Raya merdeka merdeka
Tanahku negriku yang kucinta
Indonesia Raya merdeka merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Sebuah penggalan lagu yang sering banget kita dengar. Dari SD hingga SMA lagu ini pasti dikumandangkan setiap hari Senin saat upacara bendera.  Sekarang nih bahkan  di banyak sekolah lagu ini dinyanyikan tiap pagi sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Begitu seringnya didengar, hingga hafal di luar kepala dan kadang kita lupa memaknainya.

Pernahkah terbersit siapa, kapan, dan pada situasi seperti apa lagu ini diciptakan?


Beruntung, Selasa 7 November 2017 saya beserta 4 teman kopiers jogja yang lain berkesempatan untuk melihat Gala Premier film biopik pencipta lagu Indonesia Raya yang berjudul WAGE. Ya, dialah Wage Rudolf Soepratman atau lebih dikenal dengan W.R Soepratman yang kisah hidupnya diangkat dalam sebuah film yang menggugah semangat dan jiwa nasionalisme.

Selfie bareng pemeran W.R Soepratman


Banyak hal baru yang baru saya tahu dari film ini. Iya, saya memang kurang sekali dalam pengetahuan sejarah.  Karena bagi saya mengingat-ingat masa lalu kadang itu menyakitkan (ealahh, curcol). Saya baru tahu looo kalo ternyata lagu Indonesia Raya pertama berkumandang saat Kongres Pemuda II  di Batavia pada saat Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928. Ada yang senasib dengan saya??? Berarti fix, harus banget nonton film ini. Atau jangan-jangan hanya saya seorang yang baru tahu ya.

Bayangkan, 28 Oktober 1928 itu 17 tahun sebelum Indonesia Merdeka.  TU-JUH BE-LAS TA-HUN. Saya bisa membayangkan bagaimana para kompeni pasti kebakaran jenggot saat mendengarkan lagu ini. Saya juga bisa membayangkan para pejuang kemerdekaan dan seluruh rakyat Indonesia pasti terbakar semangatnya saat mendengarkan lagu ini. Dan itu digambarkan secara apik lewat film yang disutradarai oleh John De Rantau ini.


Film yang dibintangi oleh pendatang baru Rendra Bagus Pamungkas sebagai WR Supratman dan artis yang telah malang-melintang di dunia perfiman Indonesia Prisia Nasution sebagai Salamah kekasih WR Supratman ini akan mulai tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 9 November 2017. 


Penasaran filmnya? Pastikan teman-teman nonton ya. Yuk cintai film karya anak bangsa yang menggugah semangat patriotisme dan nasionalisme



Tidak ada komentar:

Posting Komentar